Budidaya Ternak Ayam Pelung Jadi Bisnis Menggiurkan


Klirong,(kebumen.sorot.co)--Banyak peluang usaha menggiurkan yang masih jarang dilirik oleh warga Kebumen pada umumnya. Seperti halnya peluang usaha bisnis ayam pelung yang ditekuni oleh Makin Maftukha, salah satu warga Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong.
Dengan menekuni usaha budidaya ayam lokal yang konon berasal dari daerah Jawa Barat itu, kini dirinya sukses meraup untung jutaan rupiah setiap bulannya. Bahkan dirinya kini cukup kuwalahan meladeni pesanan dari para pembeli.
Ayam lokal yang memiliki postur tubuh besar dan tegap dengan kakinya yang panjang dan kokoknya yang khas itu memang masih belum begitu familiar. Ayam tersebut tergolong masih cukup langka, namun saat ini masyarakat Kebumen mulai banyak yang memeliharanya sebagai ayam hias.
Bagi pecinta ayam, ayam pelung ini tergolong istimewa. Ayam pelung ini banyak dicari dengan permintaan yang cukup tinggi. Namun masih sedikit orang yang membudidayakannya, sehingga membuat peluang usaha ini kian menjanjikan,” terang Makin, saat ditemui sorot.co di kandang ayam miliknya, Rabu (21/02/2018).
Makin menuturkan, nilai jual bibit ayam pelung di Kebumen sendiri kini per ekor berkisar antara Rp. 250-300 ribu, tergantung kualitas fisik dan kokok ayam tersebut. Dirinya kini memelihara sebanyak 3 pasang induk ayam, 25 ayam siap jual. Ia mengaku, puluhan bibit ayam pelung sudah habis terjual dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun terakhir ini.
Ayam pelung dewasa yang mempunyai fisik dan kokok yang bagus harganya bisa mencapai Rp. 1-3 juta. Terlebih sekarang sudah mulai banyak kontes ayam pelung, baik kontes kelas kokok maupun kontes kelas fisik. Nilai jual ayam pelung yang menjuarai kontes tersebut bahkan bisa mencapai Rp. 5-9 juta,” paparnya.
Makin mengaku, selama satu tahun terakhir ini, dirinya masih memposisikan usaha bisnis ayam tersebut sebagai pemasukan sampingan dan belum bisa menjadi pemasukan utamanya. Kendati demikian, berkat budidaya ayam tersebut dirinya sudah mengantongi pemasukan Rp 1-2 juta rupiah per bulan.
Pemeliharaannya mudah kok, sama seperti memelihara ayam jawa pada umumnya. Jika ditekuni peluangnha cukup bagus,” ucapnya.


sumber : http://kebumen.sorot.co/berita-3538-budidaya-ternak-ayam-pelung-jadi-bisnis-menggiurkan.html

2 komentar

Dulu pernah pelihara ayam pelung di rumah, dan mau disilangkan sama ayam bangkok tapi sayang keduanya masuk sumur tetangga


EmoticonEmoticon