Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa hingga Rp 1 Miliar

Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa hingga Rp 1 Miliar


Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa hingga Rp 1 Miliar Lovebird yang sedang menjadi primadona. (dok Fran Kli)
Jakarta - Di kalangan pencinta burung, lovebird kini jadi primadona. Jika sudah cinta, tidak sedikit orang yang mau membeli burung yang diincarnya dengan harga di atas Rp 1 miliar.

Sesepuh Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Fran Kli mengatakan lovebird termasuk burung yang populer di kalangan kicau mania. Bahkan popularitas burung ini terus menanjak.

"Kalau di gantangan, lovebird tetap nomor satu. Animo peserta, pembeli pun gila. Apalagi sekarang ada kelasnya baby, kelas anakan lovebird. Gantangan pagi sampai malam ada terus," kata Fran saat dihubungi detikcom lewat telepon.



Lovebird terkenal karena warna dan suara ngekek-nya yang khas. Di pasar, burung ini bisa didapatkan mulai harga puluhan ribu hingga di atas Rp 1 miliar, tergantung jenis dan kualitasnya.

Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa Hingga Rp 1 MiliarLovebird yang dijual Fran. (dok Fran Kli)


"Kalau dilatih, sering lomba, sering juara, harganya bisa sampai puluhan dan ratusan juta rupiah. Kayak lovebird Kusumo sudah ditawar Rp 2 miliar saja nggak dijual kan sama pemiliknya," ucapnya.

Menurut Fran, dari sekian banyak jenis lovebird yang saat ini sedang naik daun adalah jenis biola.

"Lovebird biola ini sudah hampir setahun lebih harganya gila-gilaan. Apalagi yang jantan. Biola betina itu harga remaja kisaran Rp 8 sampai Rp 10 juta. Jantan bisa sampai Rp 15 sampai Rp 25 juta tergantung varian warna dan coraknya," ucapnya.

Mantan Ketua Komunitas Lovebird Indonesia ini menyebut, di Bogor, ada lovebird yang terjual seharga Rp 500 juga. Fran sendiri pernah menjual lovebird miliknya hingga harga Rp 80 juta.

Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa Hingga Rp 1 MiliarLovebird biola milik Fran Kli. (dok Fran Kli)

"Dulu saya pernah jual lovebird hijau standar Rp 80 juta yang beli orang Klaten. Saya minta Rp 120 juta, deal-nya Rp 80 juta. Hasilnya, Rp 50 juta saya pakai buat DP beli mobil, Rp 30 juta buat modal lagi. Itu sering juara, durasi ngekek panjang," ujar Fran.


"Kedua, saya jual warna olive Rp 40 juta, itu uangnya buat berangkatkan bapak umrah. Alhamdulillah dari lovebird juga. Hobi yang menghasilkan kenapa nggak," sambungnya.

Selain jadi hobi, Fran hingga saat ini menjual lovebird di kediamannya di wilayah Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia menjual lovebird yang berfokus pada suara hingga keindahannya.

"Anakan lovebird trah juara dibanderol mulai kisaran Rp 500 ribu, Rp 700 ribu, hingga Rp 1.500.000 dan seterusnya tergantung warna, umur, dan spesifikasi burung," ucapnya. Sedangkan lovebird ombyokan atau lovebird sayur (anakan) dia jual mulai Rp 250 ribu.

Frans menambahkan, jika masyarakat tertarik membeli, tidak sulit merawat lovebird. Burung ini tergolong mudah dirawat dan harga pakannya pun masih terjangkau kantong.
(hri/tor)
 
sumber : https://news.detik.com/berita/d-4009680/lovebird-burung-cantik-yang-harganya-bisa-hingga-rp-1-miliar

2 komentar

Wow.. Bisa sampai milyaran gitu ya..padahal cuma burung.. .. Oiya..Btw apa yg dinilai dr burung tersebut sehingga harga bisa mencapai puluhan jutaan hingga milyaran??

dlu pernah denger2 sih, katanya kalo burung ini harus belinya berpasangan ya?
gk boleh beli 1-1


EmoticonEmoticon